Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar merupakan ikhtiar yang digerakkan oleh Kemendikbudristek dalam proses transformasi pembelajaran, salah satunya adalah transformasi digital. Platform Merdeka Mengajar yang dikenal dengan PMM merupakan platfon teknologi yang disediakan untuk guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.
Sejumlah fitur telah tersedia di Platform Merdeka Mengajar, fitur-fitur tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh guru dan kepala sekolah. Sementara e-Kinerja BKN merupakan aplikasi berbasis elektronik yang berisi tahapan pengelolaan kinerja pegawai ASN. Tahapan tersebut terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pembinaan kinerja pegawai ASN.
Upaya yang dilakukan oleh Kemendikbudristek dan BKN pada dasarnya memiliki harapan besar agar transformasi digital dapat dilaksanakan secara maksimal oleh ASN termasuk guru dan kepala sekolah. Berangkat dari aplikasi tersebut, sesungguhnya guru dan kepala sekolah dihadapkan pada beberapa tantangan. Tantangan yang dimaksud di sini, pertama adalah guru harus menguasai teknologi untuk mengakses aplikasi e-Kinerja yang digunakan dalam rangka mengisi tahapan-tahapan pengisian kinerjanya. Dengan menguasai teknologi, maka guru tidak akan mengalami kesulitan dalam upload dokumen sebagai bukti dukung.
Tantangan yang kedua adalah guru harus menambah wawasan dalam berbagai aspek, terutama yang mendukung pada tupoksinya sebagai guru. Mengembangkan berbagai keterampilan dengan mengembangkan diri, seperti mengikuti Pendidikan dan Pelatihan, Workshop, Bimtek, dan sebagainya. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, maka guru harus menyusun laporan, melengkapi laporan dengan bukti sertifikat kegiatan. Semua dokumen tersebut harus diupload pada e-Kinerja sesuai dengan instrument yang ada.
Begitulah gambaran nyata kondisi yang dialami guru saat ini, maka tidak heran jika pada akhirnya guru berbondong-bondong untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri. Mendapatkan sertifikat dan upload sertifikat beserta laporan kegiatan sesuai dengan instrument yang ada ke dalam aplikasi e-Kinerja. Persoalan berikutnya, bagaimana dengan tugas guru di dalam kelas? Apakah guru tetap bisa fokus melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran?
